Search

Tuesday, July 21, 2009

Mengenal Panci Logam

Panci Tembaga
Tembaga adalah logam penghantar panas yang baik sekali. Panci yang terbuat dari logam tembaga cepat menjadi panas dengan merata. Juga segera dingin bila api sudah dipadamkan. Penampilannya menarik dengan warnanya yang kemerahan, namun Anda harus hati-hati untuk tidak memasak bahan-bahan yang mengandung asam dalam panci tembaga. Bahan yang mengandung asam itu akan bereaksi dengan tembaga dan membentuk semacam racun yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Selain itu pemeliharaan panci tembaga ini cukup rumit. Membersihkannya memakan waktu lama, apalagi jika Anda ingin panci itu mengkilap. Jika memang Anda suka memakai panci tembaga, gunakan pada kesempatan khusus saja, jadi tidak terlalu banyak waktu terbuang untuk membersihkannya.

Panci Baja Tahan Karat (Stainless)
Dengan panci semacam ini Anda dapat memasak bahan apa saja, tidak perlu khawatir panci berkarat karena asam, dan panas yang dihantarkannya juga cukup merata, sehingga panci cepat menjadi panas dan cepat menjadi dingin pula.

Pemeliharaannya sederhana, asal saja setelah dibersihkan segera Anda lap sampai kering, untuk menjaga penampilannya menarik dan warnanya tidak kusam. Lapisan yang paling luar dari beberapa jenis panci ini memang kadang-kadang cepat menipis. Tapi tidak perlu Anda risaukan karena itu hanya lapisan luar saja yang sengaja dibubuhkan untuk melindungi tubuh panci itu.

Panci Email
Sebenarnya merupakan panci besi tuang yang lalu dibubuhi email yang berwarna tertentu. Panas yang dihantarkannya tidak setinggi panas yang dapat dihantarkan besi tuang. Dan lapisan email mudah rapuh jika Anda kurang hati-hati dalam menggunakannya.

Panci Besi Tuang
Penampilannya memang terkadang kurang anggun, karena hanya berwarna hitam. Tapi untuk Anda yang suka benda-benda antik atau unik, panci semacam ini sunguh menarik. Cepat menjadi panas dan cocok untuk memanaskan masakan dengan api kecil yang harus matang perlahan-lahan. Sayang reaksinya tidak begitu baik terhadap pendinginan.

Jadi jika hidangan Anda sudah matang, harus segera dipindahkan ke tempat lain agar tidak gosong. Panci besi tuang memerlukan pemelihataan cermat agar tidak berkarat, terutama di daerah panas lembab seperti di Indonesia. Juga mudah repih rengat jika panas tidak tersebar merata.

Panci Aluminium
Penemuan terakhir panci terbuat dari aluminium. Sifatnya terhadap panas persis seperti besi tuang, yaitu cepat menghantar panas tinggi dan merata serta awet. Hanya tenu saja beratnya tidak seberat panci besi tuang.

Kelemahannya ialah, aluminium mengubah warna beberapa ramuan hidangan, terutama yang mengandung telur di dalamnya. Untuk mengatasi hal itu, beberapa pabrik membubuhkan lapisan tertentu pada tubuh panci itu. Sekaligus juga berfungsi sebagai lapisan anti lengket.

0 comments:

Post a Comment

 
Another blog of Fay - Author's Blog. Powered by Blogger